KELOMPOK KEAHLIAN TEKNIK PEMBORAN

Fokus Kegiatan :
Aktifitas yang dilakukan oleh kelompok Teknik Pemboran meliputi penelitian lumpur pemboran dan semen pada temperatur tinggi, korosi pada peralatan migas dan panas bumi, pembuatan bentonit, propant dan pembuatan perangkat lunak sistem pemboran dan produksi.

 

KELOMPOK KEAHLIAN TEKNIK PRODUKSI

Fokus Kegiatan :
Kegiatan kelompok keahlian ini meliputi penelitian lapangan minyak dan gas bumi pada aspek produksinya mulai dari penentuan dan peramalan potensi reservoirnya, hidrolika sumur, mekanisme pengangkatan minyak bumi secara alamiah dan buatan, sistem operasi produksi di permukaan dan penanggulangan masalah produksi baik dalam sumur (seperti endapan kalsium karbonat atau barium sulfat, wax, asphalt, kepasiran) maupun di permukaan, permodelan jaringan pipa dan stimulasi (pengasaman dan perekahan) sumur.

KELOMPOK KEAHLIAN TEKNIK RESERVOIR

Fokus Kegiatan :
Kegiatan penelitian terfokus pada sifat-sifat batuan berpori atau reservoir minyak dan gas bumi, kelakuan fasa hidrokarbon, aliran fluida dalam reservoir, cadangan minyak dan gas bumi, simulasi dan peramalan kinerja reservoir, karakterisasi reservoir dan penelitian mengenai cara-cara yang efisien, efektif, dan ekonomis untuk mengeksploitasi minyak dan gas bumi baik menggunakan sumur-sumur vertikal maupun horizontal.

 

KELOMPOK KEAHLIAN PENILAIAN FORMASI

Fokus Kegiatan :
Kegiatan meliputi aktivitas penelitian mengenai sifat-sifat fisik batuan berpori atau reservoir minyak dan gas bumi, interpretasi log, uji sumur, penyebaran reservoir, dan analisis geologinya.

 

KELOMPOK KEAHLIAN PENINGKATAN PEROLEHAN (EOR)

Fokus Kegiatan :
Penelitian dalam kelompok ini secara umum terfokus pada proses peningkatan perolehan minyak bumi dari dalam reservoir dengan menggunakan air, gas (hidrokarbon dan CO2), bahan-bahan kimia seperti surfaktan dan polimer, uap panas, dan mikroba.

 

KELOMPOK KEAHLIAN PENGELOLAAN LAPANGAN

Fokus Kegiatan :
Kegiatan penelitian kelompok ini mencakup penilaian keekonomian lapangan-lapangan minyak dan gas bumi serta panas bumi, permodelan keekonomiann, penelitian operasional, pengelolaan energi dan kebijakan pemerintah dalam dunia industri perminyakan di Indonesia.

 

KELOMPOK KEAHLIAN EKONOMI MINYAK DAN GAS BUMI

Fokus Kegiatan :
Kegiatan Kelompok Ekonomi Migas mencakup studi keekonomian yang berkaitan dengan sumberdaya minyak, gas, dan panas bumi. Keekonomian meliputi kegiatan di sektor hulu (eksplorasi dan produksi) dan sektor hilir (pengelolaan, transportasi, dan pemasaran hasil akhirnya).

Studi mencakup (a)perhitungan tekno-ekonomi proyek pengadaan dan pemanfaatan migas dan panas bumi, (b) perhitungan biaya penyediaan BBM, gas dan listrik yang dihasilkan, (c) optimisasi, (d)kebijaksanaan dan perencanaan, (e) analisis harga BBM, gas, dan panas bumi, serta (f) regulasi bidang migas dan panas bumi.

 

KELOMPOK KEAHLIAN TEKNIK GEOTERMAL

Fokus Kegiatan :
Penelitian Kelompok Geotermal (Panas Bumi) terfokus pada penelitian laboraturium, studi analisis dan pembuatan software. Penelitian laboraturium bertujuan mempelajari proses yang terjadi di dalam sistem panas bumi dan kelakuan aliran dari reservoir ke dalam sumur. Studi analisis dilakukan untuk meramalkan kinerja sumur dan reservoir. Tiga buah software yang telah dibuat dan sedang dimodifikasi, yaitu software untuk membantu perhitungan di bidang teknik produksi dan reservoir (GES), software untuk mendapatkan informasi mengenai seluruh prosfek panas bumi yang ada di Indonesia baik secara tekstual maupun secara grafis (Geotermal-MIS, sistem manajemen dan data panas bumi Indonesia) dan software untuk menganalisa keekonomian proyek panas bumi (SAR-geotermal).

 

sumber : Buku Panduan Kelompok Keahlian Kampus ITB (1999/2000) 😀

Advertisements