Acara           : Seminar

Tanggal       : 4 Februari 2011

Jam              : 14.00 – 16.15

Pembicara    : Kondur Petroleum S. A.

Materi          : General Slickline Operation

Work Over dan Well Service

Dilakukan apabila produksi minyak turun tetapi masih ada potensi untuk diproduksi.

Work over adalah intervensi segala jenis sumur minyak melibatkan teknik invasive, seperti wireline, coiled tubing atau snubbing. Khususnya merujuk pada proses mahal pulling dan mengganti completion.

Well service adalah perbaikan sumur apabila ada kerusakan mekanik pada alat-alatnya. Seperti : pump replacement, completion failure.

Completion Tools antara lain :

  • Tubing. Jenis pipa tergantung dengan kondisi lingkungan sumur. Apabila lingkungan tak korosif memakai carbon steel. Apabila lingkungan mengandung H2S dan CO2 memakai stainless steel.
  • Production Packer. Packer adalah pembatas dalam setiap tubing tiap kedalaman tertentu yang berguna untuk keamanan akibat dari perbedaan fluida yang mengalir. Packer sendiri ada 3 macam, yaitu a) Hydraulic Packer, b) Mechanical Packer – di-set menggunakan berat string, c) Wireline Set Packer – di-set menggunakan electric line.
  • Nipple adalah badan untuk mengganjal plug (saluran pipa dari besi). Ada berbagai macam bentuk, seperti : Nipple X, F, XN, RN.
  • Sliding Side Doors (SSD) adalah tubing yang dapat membuka dan menutup dengan cara diputar.
  • Wireline entry Guide
  • Special Tools, seperti on off tool/ left hand, shear cut safety joint, plats joint, expansion joint, y-block, dll.
  • Artifical Lift Assembles.

Dalam memproduksi minyak, kita memproduksinya berdasarkan kedalaman. Pertama dari yang paling dalam dahulu diproduksi sampai habis, lalu bagian bawah tersebut ditutup menggunakan packer, produksi lagi bagian atasnya sampai habis, tutup lagi pake packer, produksi lagi bagian atasnya. Begitu terus selanjutnya. Tiap kedalaman memiliki tekanan yang berbeda-beda, makin dalam tekanan makin besar. Berikut ini contoh Completion Diagram dengan Hydraulic set :

Fungsi memakai slickline dibandingkan dengan wireline yaitu :

  • Lebih murah dan mudah digunakan
  • Ada fungsi jar (jar adalah penghentak apabila terjadi penyumbatan)
  • Lebih mechanical used

sedangkan wireline sendiri adalah pengontrol yang bisa dimonitor secara electric.

—————————————————————————————————–

yah, begitulah materi yang bisa saya tangkap dari seminar ini. Karena jujur saja banyak hal yang kurang saya pahami karena seminar ini membahas mengenai pemboran, dan saya belum belajar sama sekali tentang pemboran. tapi setidaknya saya bisa membayangkan kayak apa sih belajar di pemboran nanti.

Bila ada kesalahan dari tulisan di atas, mohon untuk dikoreksi. hhe.. klo mau tau lebih lanjut hubungi chad (63), asep (57), sama yanuar (83), okeeh?! 😀

Advertisements